Sambut Hari Sumpah Pemuda Dengan Jelajahi Museum Sumpah Pemuda Indonesia Di Jakarta

Sambut Hari Sumpah Pemuda Dengan Jelajahi Museum Sumpah Pemuda Indonesia Di Jakarta
Sambut Hari Sumpah Pemuda Dengan Jelajahi Museum Sumpah Pemuda Indonesia Di Jakarta. Sejak tanggal 27-28 Oktober 1928 silam, para pemuda mengadakan Kongres Pemuda II di beberapa tempat untuk mencetuskan ikhrar Sumpah Pemuda.
Kini, pada 28 Oktober 2018 ini, tepat sudah 90 tahun tercetusnya Ikrar Sumpah Pemuda. Sebagai bentuk emansipasi para pemuda dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.
Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Lokasi museum ini berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.
Buka setiap hari Selasa hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Sedagkan untuk Sabtu dan Minggu buka pada pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.
 
Museum Sumpah Pemuda akan tutup setiap hari Senin dan hari besar nasional lainnya. Koleksi museum ini juga punya beragam foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928.
Didirikan pada 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional, kira-kira sampai saat ini Museum Sumpah Pemuda berusia 46 Tahun.
Bagian dalam Museum Sumpah Pemuda ini terbagi menjadi delapan ruangan utama, mulai dari ruang pengenalan, ruang pertumbuhan organisasi kepemudaan, hingga ruang tematik. Yuk, kenali bagian dalam Museum Sumpah Pemuda sebelum menjelajah ke sana.
1. Ruang Pengenalan
Ruangan ini terdapat di bagian depan gedung, persis berada di bagian pintu masuk utama.
Dalam ruangan memamerkan Peta Indonesia, Peta Jakarta yang menujukkan lokasi dilaksanakan Kongres Pemuda Kedua, jajaran panitia Kongres Pemuda Kedua.
Ada juga patung dada Muhammad Yamin dan Sugondo Djojopuspito, organisasi peserta kongres, hingga Market Gedung Sumpah Pemuda.
2. Ruang Pertumbuhan Organisasi Kepemudaan
Ruangan ini terletak di bagian depan gedung dan sejajar dengan ruang pengenalan.
Dalam ruangan ini digambarkan masa pertumbuhan awal organisasi pemuda yang diawali dengan Perhimpunan Indonesia di Belanda.
Di dalamnya memamerkan beragam kegiatan pergerakan pemuda, mulai dari Perhimpunan Indonesia, Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Pemuda Kaum Betawi, Jong Islamieten Bond, dan Kepanduan atau INPO.
3. Ruang Kongres Pemuda Indonesia Pertama
Ruangan ini terletak persis begitu kita keluar dari ruang Kongres Pemuda Indonesia Pertama.
Di ruangan ini dipamerkan koleksi yang menggambarkan peristiwa Kongres Pemuda Indonesia Kedua
4. Ruang Indonesia Muda
Ruangan bagian dalam disajikan beberapa koleksi yang berhubungan dengan pergerakan pemuda setelah ikrar Sumpah pemuda.
Seperti Vander Indonesia Muda, foto komisi besar Indonesia Muda, dan foto kegiatan Indonesia Muda.
5. Ruang PPPI
Ruangan ini menyediakan beberapa koleksi yang berhubungan dengan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia, setelah Kongres Pemuda Indonesia kedua.
Dalam ruang pameran ini memberikan gambaran hal-hal yang berhubungan dengan pergerakan pemuda melalui partai politik.
6. Ruang Tematik
Lokasi ruangan ini terletak di pavilium Gedung Kramat 106.
Terdiri dari dua ruangan yang menyediakan beberapa koleksi yang berhubungan dengan aktivitas pemuda pada 1945, 1966, dan 1998 tahun silam.
Tiket masuk yang dipatok oleh Museum Sumpah Pemuda ini juga cukup terjangkau, untuk anak-anak hanya Rp 2 ribu. Sedang untuk wisatawan mancanegara sekitar Rp 10 ribu saja.
Itulah beberapa bagian dalam Museum Sumpah Pemuda. Selamat berkunjung dan Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda bagi seluruh pemuda Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Menlu Retno: Radikalisme Dan Terorisme Masih Jadi Ancaman Perdamaian Dunia

Tak Ingin Lagi Berurusan Dengan Penjara, Anwar Ibrahim: Jatah Saya Masuk Penjara Sudah Habis

Jadi Tersangka Suap, Ini Tanggapan PT Sinar Mas Terkait Petingginya